Inilah yang Perlu Kamu Persiapkan sebelum Membuat Makalah (Karya Ilmiah) (Jilid 1)

Inilah yang Perlu Kamu Persiapkan sebelum Membuat Makalah (Karya Ilmiah) (Jilid I)

oleh Iwan Ridwan (Mentor Bahasa Indonesia)


sumber gambar: cianjurku.com

Kalian masih bingung bagaimana cara menulis makalah ilmiah? Kebingungan itu bisa jadi disebabkan dua hal. Pertama, kalian belum begitu mengerti apa yang harus kalian tuliskan dalam makalah tersebut. Kedua, kalian masih tersandung ketika menuliskan gagasan untuk menuangkan ide atau pemikiran tentang suatu topik ke dalam suatu makalah. 

Jadi, apa itu makalah, yang sering membuat kita bingung dan menyalahkan pelajaran Bahasa Indonesia? Padahal, membuat karya ilmiah seperti makalah atau pun laporan penelitian tentu amat besar manfaatnya. Sebut saja untuk mengikuti lomba-lomba karya tulis ilmiah (LKTI). Lebih jauhnya, secara praktis, setelah terbiasanya seseorang menulis karya ilmiah tentu akan membawa dampak positif bagi persiapannya dalam hal apa pun. Teruntuk kalian anak SMP/SMA (sederajat) yang dibingungkan dengan tugas makalah, langkah-langkah berikut akan memandumu. 

Langkah 1 Persiapan (Pra-Menulis)
1. Tentukan topik apa yang mau kita angkat atau bahas. Kalau guru kalian sudah memberikan suatu tema tentu akan lebih mudah, bahkan memberikan kebebasan kepadamu untuk menulis karya ilmiah dengan topik yang bebas. Contohnya, kalian bisa mengambil topik dari fenomena yang sedang "hits"atau menjadi tranding topic.Kuncinya adalah rajin update informasi di media massa (koran, majalah, atau media online).

2. Tentukan judul untuk makalah yang akan kalian buat. Ingatlah bahwa judul merupakan beranda (informasi utama) apa yang akan kalian bahas. Jadi, pilihlah judul yang tepat, cermat, dan sesuai dengan apa yang akan dibahas.

3. Sebelum menulis, tentu kita harus memahami seluk-beluk persoalan yang akan kita tulis. Misalnya, kita telah memilih isu kesadaran lingkungan masyarakat suatu daerah di era globalisasi, hal yang perlu kita telusuri lebih awal ialah apa hal yang unik atau masalah apa yang perlu kita angkat dari isu kesadaran lingkungan masyarakat tersebut.

4. Batasi masalah apa dari isu yang akan kalian bahas itu untuk memudahkan penelusuran bahan bacaan.

5. Kumpulkan sumber/bahan bacaan (buku, artikel koran/majalah, laporan penelitian) sebanyak-banyaknya yang tentu disesuaikan dengan topik. Ini penting untuk memudahkan kalian menulis BAB 1 Pendahuluan (Latar belakang) dan BAB 2 Landasan Teoretis (teori yang digunakan dan penelusuran pustaka).

6. Buatlah kerangka karangan sesuai format yang ditentukan atau format makalah secara umum.
#Format makalah gagasan/konseptual
è Makalah gagasan/konseptual, seperti halnya istilah artikel konseptual, adalah makalah yang ditulis berdasarkan kajian teori yang sudah ada untuk kemudian mengulasnya dengan fenomena yang diangkat, tetapi tetap disertai gagasan penulisnya).
A.   Kover (halaman sampul) berisi judul, jenis makalah, nama penulis, logo instansi/sekolah, nama sekolah, dan tahun pembuatan makalah.
B.    Lembar-lembar pengesahan (lembar pengesahan guru/pembimbing)
C.    Kata Pengantar, Daftar Isi
D.   BAB I Pendahuluan berisi 1) Latar Belakang, 2) Batasan Masalah atau Rumusan Masalah, 3) Tujuan, 4) Manfaat.
E.    BAB II Landasan Teoretis berisi 1) Landasan Teori, *2) Penelusuran Gagasan Sebelumnya (*boleh ada/tidak)
F.     BAB III Metode Penulisan berisi 1) Metode Penulisan, 2) Sumber Data (bahan diambil dari berita, buku, artikel koran/majalah, dan sebagainya)
G.   BAB IV Pembahasan (disajikan per poin sesuai rumusan masalah)
H.   BAB V  Simpulan berisi 1) Simpulan (menjawab rumusan masalah) dan 2) Saran (untuk pembaca atau penulis topik lanjutan).
I.       Daftar Pustaka/Referensi/Pustaka Rujukan (sesuaikan dengan istilah masing-masing sekolah/instansi)


#Format makalah penelitian
è Makalah penelitian, seperti halnya istilah artikel penelitian, adalah makalah yang ditulis berdasarkan penelitian yang sudah kita lakukan. Penelitian mengharuskan kita melakukan suatu kerja lapangan, atau pun berdasarkan suatu percobaan ilmiah.
è Makalah penelitian bisa berupa skripsi (level S-1), tesis (level S-2), dan disertasi (level S-3). Dalam konteks anak sekolahan, makalah penelitian dapat dibuat setelah kalian membuat wawancara suatu topik, percobaan ilmiah seperti pelajaran Fisika dan Kimia.
A.   Kover (halaman sampul) berisi judul, jenis makalah, nama penulis, logo instansi/sekolah, nama sekolah, dan tahun pembuatan makalah.
B.    Lembar-lembar pengesahan (lembar pengesahan guru/pembimbing)
C.    Kata pengantar, Daftar Isi
D.   BAB I Pendahuluan berisi 1) Latar Belakang, 2) Batasan Masalah atau Rumusan Masalah, 3) Tujuan, 4) Manfaat.
E.    BAB II Landasan Teoretis berisi 1) Landasan Teori, *2) Penelitian Sebelumnya/Kajian Pustaka (*bagian ini yang membedakan makalah penelitian dengan makalah konseptual)
F.     BAB III Metode Penelitian berisi 1) Metode Penelitian, 2) Sumber Data (berupa apa: data bahasa, data rekaman, data fisik, dan sebagainya)
G.   BAB IV Pembahasan (disajikan per poin sesuai rumusan masalah)
H.   BAB V  Simpulan berisi 1) Simpulan (menjawab rumusan masalah) dan 2) Saran (untuk pembaca atau penulis topik lanjutan).
Daftar Pustaka/Referensi/Pustaka Rujukan (sesuaikan dengan istilah masing-masing sekolah/instansi)


Setelah rampung membuat kerangka tulisan (Kakak sarankan agar menggunakan perintah heading pada menu Ms. Word dalam setiap judul BAB atau subbab agar memudahkan kalian ketika mengoreksi tulisan).
Langkah 2 Aksi Menulis (Saat Menulis)
1. Tulislah secara berurutan sesuai kerangka yang kalian buat. Dimulai dari judul hingga Daftar Pustaka.

2. Olahlah sumber/bahan bacaan yang sudah kalian baca sesuai kebutuhan setiap bab. Perhatikanlah hal-hal yang perlu dibahas dalam setiap babnya.
-Bab 1 Pendahuluan
*Latar belakang (kemukakan alasan memilih topik/munculkan mengapa perlu mengangkat topik tersebut, lalu apa pentingnya topik tersebut sehingga makalah itu dibuat)
*Batasan Masalah atau Rumusan Masalah (Silakan batasi masalah yang akan dibahas per poinnya. Gunakanlah kalimat tanya seperti apa (faktor/pengaruh/.......)?, bagaimana (cara/langkah/..............)?
*Tujuan (bagian ini menjawab rumusan masalah dan jumlahnya sesuai rumusan masalah. Misalnya, rumusannya ditulis, “Apa faktor kemalasan?” maka tulislah tujuannya, “untuk memaparkan faktor apa saja yang memicu kemalasan).
*Manfaat (bagian ini berisi hasil apa yang diinginkan setelah menuliskan tujuan dari rumusan masalah tersebut. Misalnya, “mendapatkan pemahaman faktor-faktor pemicu kemalasan”).
-BAB II Landasan Teoretis
*Jelaskan secara beruturan teori-teori yang berkaitan dengan topik sehingga menjadi landasan berpijak atau berpikir.
*Jelaskan pula kajian sebelumnya dari para penulis lain dengan topik serupa.
-BAB III Metode Penulisan/Penelitian
*Bagian ini mengharuskan kita menyampaikan bagaimana cara kita memperoleh sumber data, apakah melalui studi kepustakaan, wawancara, dan sebagainya.
-BAB IV Pembahasan (disajikan per poin sesuai rumusan masalah)
*Bentangkan gagasan kita dari masalah yang diangkat melalui analisis mendalam serta penghayatan yang memadai atas topik. Silakan dukung gagasan kita dengan pendapat para ahli atau pun fakta-fakta yang bernaung seputar topik tulisan.
-BAB V  Simpulan berisi 1) Simpulan (menjawab rumusan masalah) dan 2) Saran (untuk pembaca atau penulis topik lanjutan).
*Bagian ini menjadi intisari dari apa yang sudah kita jelaskan. Tidak perlu mengulang lagi pembahasan secara detail. Tampilkan apa yang bisa kalian simpulkan kepada pembaca dari masalah-masalah yang dibahas.
*Sajikan saran atau rekomendasi yang relevan untuk pembaca atau pengkaji selanjutnya.
-Daftar Pustaka/Referensi/Pustaka Rujukan (sesuaikan dengan istilah masing-masing sekolah/instansi)
*Bagian ini mewajibkan kalian secara jujur menuliskan sumber-sumber yang sudah kalian gunakan dari BAB 1—BAB IV. Ingat jangan berpikiran untuk kopasus (copy paste ubah sedikit^^).

Eits, jangan senang dulu karena berhasil merampungkan makalahnya. Masih ada langkah pamungkas untuk kalian lakukan. Mari kita cek!
Langkah 3 Akhirnya Kamu Berhasil Menulis Makalah (Purna-Menulis)
1.     Setelah didiamkan selama beberapa jam, silakan baca kembali makalah yang sudah kita tulis. Perhatikan ejaan (EBI), struktur kalimat, atau pun makna yang disampaikan agar tidak mengundang keambiguan. Kita sendiri adalah penyunting akhir sebelum diberikan kepada guru pembimbing.
2.     Ingatlah bahwa kita bisa itu karena terbiasa, terbiasa karena kita membiasakannya.

Bersambung....
#Bisa karena terbiasa #Terbiasa karena membiasakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Watermark

Naskah dan Teks

Pengantar teori filologi